jump to navigation

Cara Lain Install Lewat Port di FreeBSD November 22, 2007

Posted by pandapotan in FreeBSD, Tutorial.
trackback

freebsd_logothumbnail.pngHari ini entah kenapa aku semangat sekali ngoprek FreeBSD. Mungkin karena punya niat yang besar banget ya untuk menjadi salah satu admin di ITB ataupun di Prodi😀 . Honor menjadi seorang admin di departemen itu memang ga terlalu gede. Tapi menurut aku, yang gede itu adalah pengalamannya. Jadi aku pengen banget menjadi seorang admin. Terlepas dari itu, emang aku orangnya seneng banget ama komputer. Jadi pekerjaan ini memang sangat cocok untuk aku. Ga usa panjang lebar lah basa-basinya langsung aja ke inti yang mau aku omongin.

Ceritannya gini : Sebelum ngoprek di mesin asli yang menjadi tanggung jawab aku dengan teman aku (donny), aku ngoprek dulu di mesin aku sendiri. Ibarat latihan dulu sebelum pertandingan aslinya. Tapi aku punya masalah. Aku ingin install semua program yang aku inginkan di FreeBSD aku itu melalui port. Tapi di kosan aku ga bisa ngeport ke luar. Jadi aku pilih cara ini sebagai gantinya :

  1. Install lah program yang anda inginkan. Contohnya install apache22 (cd /usr/ports/www/apache22/)
  2. Karena ga bisa ngeport ke luar maka akan ada pesan error yang memberitahukan kita tentang file apa saja yang belum ada dalam proses instalasi port tersebut. Untuk lanjutan contoh diatas, mungkin akan ada pesan error :  httpd-2.2.3.tar.bz2 doesn’t seem to exist in /usr/ports/distfiles/apache22.
  3. Setelah itu search lah program yang dibutuhkan itu di google. Download dari letakkan di tempat yang dianjurkan oleh mesin FreeBSD kita. Untuk lanjutan contoh diatas : copy file tersebut ke folder yang distfiles (cp /home/dapot/nama_program /usr/ports/distfile/.)
  4. Lalu jalankan lagi proses installasi portnya. Jika ada pesan error lagi maka kemungkinan besar ada program pembantu lain yang belum terinstall di FreeBSD yang kita miliki. Lakukan cara yang sama mulai dari cara satu sampai akhir hingga tidak ada pesan error lagi.

Ok…sampe sini aja tutorial dari saya. Semoga bermanfaat dan kalo ada masalah silahkan komentar kesini saja. Selamat Mencoba.

Comments»

1. ridhoyp - November 28, 2007

kalo boleh tau, port itu sebagai apa sih di freebsd?

2. pandapotan - November 28, 2007

Kalau ditanya sebagai apa, aku hanya bisa jawab :

Port itu adalah suatu service yang diberikan oleh FreeBSD agar kita dapat menginstall aplikasi-aplikasi yang ada di FreeBSD secara langsung dan lebih mudah daripada kita menginstall dari sourcenya sendiri

Contoh kasus :
Misalnya kamu mau install apache ke FreeBSD kamu. Kamu bisa menginstall secara langsung tanpa harus mendownload source apachenya secara manual. Tapi dengan syarat, FreeBSD kamu harus terhubung dengan internet. Kalau ada waktu aku akan memberikan informasi tentang Port FreeBSD.

3. mighty demoncat - December 3, 2007

Port –> Semacam RPM di Linux, cuma FreeBSD ituwh tetep compile dulu sebelum jalan, kalo linux biasanya bentuknyah binary.

4. lamno - April 23, 2008

terima kasih ilmunya🙂


Leave a Reply

