jump to navigation

Gratis Bukan Berarti Nga Bagus January 12, 2008

Posted by pandapotan in Curhat, Info, Tutorial.
trackback

logo_top.pngSekarang ini banyak banget crack dari software-software. Crack inilah yang biasanya membuat software yang seharusnya berbayar menjadi gratis (alias dibajak). Masalah ini uda bukan jadi rahasia lagi lah. Aku sebagai pengguna windows juga pernah pake crack itu kok. Tapi aku pernah digrebek karena make serial number yang palsu. Tapi digrebeknya bukan ama polisi, aku digrebek ama pemilik software tersebut.

Kasusnya seperti ini:
Aku make software antivirus yang nama kaspersky. Aku pake antivirus itu karena aku denger dari temen-temen aku kalo antivirus itu cukup ampuh. Setahun aku pake software itu memang ampuh banget. Sampe-sampe temen satu kos aku juga ngikutin aku make antivirus itu. Beberapa hari kemudian aku update database antivirusnya langsung lewat internet. Ternyata updatenya gagal dan lebih parahnya lagi ada tulisan yang bilang kalo License key software yang aku pake itu di-blacklist. Setelah itu aku install ulang antivirusnya lalu cari key yang baru. Tapi 2 kali install dan 2 kali masukkin key yang baru tetep aja kena blacklist waktu updatenya. Setelah saat itulah aku beralih untuk cari software yang gratisan (Freeware).

Nga sedikit kok software gratisan di dunia maya ini dan software itu juga ga kalah bagus kok dengan yang berbayar. Disini aku kasi tau freeware yang menurutku bagus untuk komputer dengan OS Windows.

  1. Avira sebagai antivirus
  2. Foobar sebagai pemutar musik
  3. Picassa sebagai pengganti acdc
  4. K-Lite Codec Pack sebagai pemutar film
  5. Notepad++ untuk scripting
  6. Gaim untuk chatting
  7. IZArc untuk kompressi file
  8. Foxit Reader untuk buka PDF
  9. Firefox untuk browsing
  10. FlashGet untuk download manager

Uda lebih dari sebulan aku pake software-software diatas. Kerjanya cukup memuaskan kok. Tapi mungkin memang ga bisa dipungkiri kalo software yang berbayar itu lebih baik daripada software gratisan. Tapi ini kan lebih baik daripada menjadi seorang “pencuri” kan.😀 . Tapi secara terpaksa aku masih pake Microsoft Office. Slnya uda kebiasaan dari SMP sih. Jadi maap ya Bill Gate.😛

Comments»

1. jimmy - January 12, 2008

sayangnya software2 yang gak gratis itu masih mahal buat ukuran kita, jadi kita cari crack-nya.. dilema juga ya.. tapi saya kurang setuju mas kalo software berbayar lebih baik daripada yang gratisan, untuk kategori software tertentu mungkin benar (seperti software keuangan) tapi untuk software untuk komputer secara umum banyak koq software gratisan yang se-level sama software berbayar😀

2. pandapotan - January 12, 2008

iya…tapi kalo untuk windows secara umum lebih baik yang berbayar daripada yang gratisan. Tapi tetep aja sekarang saya lebih senang pake yang gratisan.

3. Gyl - January 12, 2008

Ya.. memang. Ada yang gratisan tapi jauh lebih baik daripada berbayar. Tapi juga ada yang berbayar tapi tidak tergantikan oleh gratisan. Photoshop ini lo…😦 belum ada yang menandingi… terpaksa pakai crack.

4. pandapotan - January 12, 2008

Pengganti Photoshop itu biasanya : GIMP
Mirip dengan photoshop. Tapi kalo tutorial mungkin lebih banyak photoshop daripada GIMP.

5. yumcatz - January 16, 2008

GIMP tuh kurangnya satu.
brushnya gak smooth warna ama gerakannya..masih jauh algoritmanya dibandin photoshop.

*komentar dari yang sering digital painting pake photoshop

6. pandapotan - January 16, 2008

aku akui deh… situ kan sering ngedesain

7. mtasri - January 23, 2008

mas kirimin aku dong sofware untuk billing warnet

8. ree - April 26, 2008

SDFSD

9. Didik sulistyo - June 9, 2008

bingung kali ngartiinya???


Leave a Reply

