jump to navigation

Mata Kuliahku Semester Ini January 27, 2008

Posted by pandapotan in Curhat, Info.
trackback

Ga ada kerjaan, jadi aku posting aja mata kuliah aku untuk semester ini.

Pengantar Analisis Real (4 SKS)
Matakuliah ini membahas konsep-konsep dasar awal dalam analisis real. Materi yang dibahas meliputi: sistem bilangan real (khususnya tentang aksioma kelengkapan, supremum dan infimum), barisan bilangan real, limit dan kekontinuan fungsi. Kuliah ini merupakan sarana bagi para mahasiswa untuk berlatih berpikir secara deduktif serta menuliskan dan mengekspresikan hasil pemikiran atau analisisnya secara rigorous.

Pengantar Teori Graf (4SKS)
Matakuliah ini membahas konsep dasar teori graf secara rigorous dan disertai dengan sejumlah aplikasinya dalam permasalahan di bidang lain maupun di dunia nyata. Konsep yang dibahas meliputi: Graf dan Subgraf, Pohon, Konektifitas, Tur Euler dan Lingkaran Hamilton, Matching, Pewarnaan sisi dan Graf Planar. Matakuliah ini diberikan untuk meningkatkan kemampuan problem-solving, berpikir deduktif, rigorous, dan meningkatkan pengetahuan tentang teori graf yang kini tumbuh-berkembang dengan aplikasi di dalam hampir semua bidang.

Geometri (4SKS)
Matakuliah ini membahas dasar-dasar berbagai geometri, baik Euclide maupun non-Euclide, secara rigorous dengan pendekatan analitis. Konsep yang dibahas antara lain konsep transformasi pada bidang Euclide, grup isometri, klasifikasi isometri, similaritas,transformasi afin, geometri afin, geometri pada bola, geometri proyektif, dan geometri hiperbolik. Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas dan rigorous tentang geometri klasik maupun geometri modern dan menggunakan perangkat dari aljabar terutama teori grup dan aljabar linier. Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam problem solving, berfikir secara deduktif, rigorous, dan fleksibel. Mahasiswa diharapkan juga mulai peduli dengan masalah yang berkenaan dengan konstruksi, yang biasanya tidak muncul dalam pendekatan aksiomatis.

Teori Koding (4SKS)
Matakuliah ini merupakan matakuliah pengenalan Teori Koding yang diberikan dengan pendekatan aljabar. Pembahasan akan ditekankan pada kode linier, keluarga dan sifat-sifatnya yang meliputi metoda decoding dan encoding untuk setiap macam kode liniear tsb. Topik yang dibahas meliputi: pendahuluan teori informasi, kode linier, kode sempurna, kode siklis, dan kode BCH. Matakuliah ini dirancang untuk dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam teori informasi, konsep dasar teori koding serta mengenali sifat-sifat penting kode linier secara umum. Mahasiswa juga diharapkan dapat memahami teori aljabar yang mendasari kode linier tersebut. Melalui kuliah ini, ditingkatkan kemampuan mengkaitkan (connections), representasi kode dalam bentuk aljabar, kemampuan pemecahan masalah, dan berkomunikasi verbal maupun tulisan serta menumbuhkan kemampuan bekerjasama melalui diskusi kelas.

Persamaan Diferensial Parsial (3 SKS)
Matakuliah ini membahas beberapa Persamaan Diferensial Parsial penting untuk mengenali masalah hiperbolik, parabolik atau eliptik. Materi kuliah mencakup persamaan-persamaan transpor, gelombang, difusi dan Laplace, sifat-sifat yang digunakan sebagai pembeda: kekekalan energi, kecepatan rambat, prinsip maksimum, asimtotik dan juga aspek komputasinya. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan dasar analitik dan komputasi terutama bagi yang berminat pada bidang matematika terapan.

Kalo ada yang uda pernah mempelajari mata kuliahku itu, sharing-sharing kesini ya..😀 .

Comments»

1. jimmy - January 27, 2008

gak ada yang pernah aku ambil mata kuliah itu🙂 tapi lihat dari namanya aja sudah sangat mengerikan buat aku… good luck ya semoga nilainya bagus semua!

2. Gyl - January 27, 2008

Waduh… 4 4 4 4 3 !? lumayan tuch…

Tapi sayangnya saya belum pernah kuliah di atas. Dan lagi pula jurusan saya gak ada mata kuliah di atas🙄

Bener juga, nambah ide buat nulis. Mata kuliah semester 6 !

3. dodot - January 30, 2008

waduh ada yang udah dapet matakuliah nih, dodot aja belom dapet untuk semester 6, jangankan mata kuliah, nilai semester 5 kemaren belom ada bayangannya.

kalao diliat, nampaknya kelas berat semua tuch.. aih serem..

jangan menyerah!!!

4. pandapotan - January 30, 2008

@ Jimmy n dodot
Makasi uda kasi support ke aku.😀

@ Gyl
Apa yang bisa ditulis ya ditulis.😀

5. arif - April 22, 2009

q dpt tugas bikin makalah soal transformasi isometri.klo ada yg tau soal hal itu, tolong tulis y???????smuanya………okeys……trims sbelume.

6. novi briana sagitaria - May 26, 2009

aku sangat mengalamai kesulitan dalam matakuliah geometri analit ruang????????// ada yang mau bantu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: